Rabu, 18 Januari 2017

Membuat Database Menggunakan Terminal dan Menghubungkannya

assalamualaikum wr. wb.
Postingan kali ini adalah tentang membuat database dan tabel.



Latar Belakang
Pangkalan data atau basis data (bahasa Inggris: database) adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Jadi untuk menyimpan sebuah data kita bisa menggunakan database.

Tujuan
Agar lebih mengetahui perintah-perintah dalam pembuatan database menggunakan terminal di linux.


Pembahasan
Membuat Database "Majalah"
Kita akan membuat satu database berisi 2 tabel, kemudian menghubungkan tabel1 dengan tabel2, kemudian kita menampilkannya.
Langkah-langkah
1. Buka terminal anda, kemudian ketikan perintah sudo su untuk masuk sebagai super user. Dan untuk masuk ke database mariaDB ketikan perintah mysql -u root -p dan masukan password.


2.  Setelah masuk, selanjutnya adalah membuat database. Untuk membuat database ketikkan perintah create database nama_database, disini saya akan membuat database majalah.


3. Setelah berhasil membuat database, ketikan use majalah untuk masuk ke database majalah. Jika berhasil maka akan muncul tulisan "database changed".


4. Langkah selanjutnya, kita akan membuat tabel dalam database majalah tersebut. Untuk tabel pertama kita akan membuat tabel informasi_berita dengan 2 kolom, kolom pertama id_penulis bertipe integer dan kolom kedua yaitu berita bertipe text. Untuk membuat tabel perintah yang kita masukkan adalah create table nama_tabel( tekan enter, kemudian kita diminta untuk memasukan kolom kolom_1 type_kolom1, tekan enter lagi untuk membuat kolom kedua kolom_2 type_kolom2); tabel yang saya buat adalah seperti gambar berikut.


5. Setelah berhasil membuat tabel dan kolomnya, langkah selanjutnya kita akan mengisi setiap kolom tabel tersebut. Untuk mengisinya kita perlu mengetikan perintah INSERT INTO nama_tabel(kolom_1,kolom_2) VALUES ('isi_kolom_1','isi_kolom_2');


6. Untuk mengisi tabel lagi, kita hanya perlu mengetikkan perintah seperti diatas.


7. Jika kita akan melihat  isi tabel yang telah kita masukkan tadi, gunakan perintah SELECT * from nama_tabel;


maka hasilnya akan menampilkan isi dari tabel yang telah dimasukkan tadi.


8. Setelah itu saya akan membuat tabel lagi bernama informasi_user dengan kolom pertama adalah id_penulis dan kolom kedua adalah nama_penulis, maka perintah yang saya ketikkan adalah sebagai berikut :


9. Untuk memasukkan isi dari tabel informasi_user yang sudah dibuat tadi, perintahnya adalah seperti gambar dibawah ini.


ketika akan menambah isinya lagi, hanya tinggal tambahkan perintah yang sama.


10. Apabila kita ingin melihat tabel yang ada di database, ketikkan perintah show tables;


maka akan muncul tabel yang sudah kita buat tadi,


11. Selanjutnya kita akan menampilkan serta merelasi agar tabel1 terhubung dengan tabel2. Kita hanya perlu mengetikkan perintah berikut,


dan hasilnya akan muncul seperti berikut, tabel1 akan terhubung dengan tabel2 seperti berikut



Sekian postingan saya kali ini. Terimakasih, semoga bermanfaat.
wassalamualaikum wr. wb.

Referensi :
- https://id.wikipedia.org/wiki/Pangkalan_data

Tidak ada komentar:

Posting Komentar