Rabu, 08 Februari 2017

Perbedaan Mysql dan Mysqli

Assalamualaikum wr. wb.Postingan saya kali ini adalah mengenai perbedaan mysql dengan  mysqli, berikut materinya.


A. Latar Belakang
Seperti yang sudah kita ketahui, penggunaan MYSQL extension tidak lagi direkomendasikan (deprecated). Versi baru dari extension tersebut adalah MYSQLI. Extension MYSQLI hadir dengan dua jenis rasa, procedural dan object oriented.

B. Maksud dan Tujuan


Mengetahui tentang perbedaan mysql dan mysqli.

C. PembahasanPerbedaan MYSQL dan MYSQLI

MYSQLI merupakan kependekan dari MYSQL Improved extension. Seperti yang terlihat dari namanya, extension PHP ini merupakan versi perbaikan dan penambahan dari extension MYSQL sebelumnya yang umum digunakan. Extension PHP MYSQLI dibuat dengan tujuan untuk mendukung fitur-fitur terbaru dari MYSQL server versi 4.1 ke atas.

Terhitung sejak PHP versi 5.5, extension MYSQL tidak lagi disarankan penggunaannya dan berstatus deprecated, yang berarti mungkin akan dihapus pada PHP versi berikutnya. Kita disarankan untuk mulai beralih menggunakan MYSQLI atau PDO.

Secara garis besar, tidak ada perbedaan mencolok antara MYSQL extension dengan MYSQLI extension. Nama-nama fungsi di dalam MYSQLI sebagian besar mirip dengan apa yang telah dipelajari pada extension PHP sebelumnya, MYSQL.

Sebagai contoh, untuk membuat koneksi dengan MYSQL server, di dalam MYSQL kita menggunakan fungsi mysql_connect(), sedangkan di dalam MYSQLI, kita menggunakan mysqli_connect(). Begitu juga dengan fungsi lain seperti mysql_query() menjadi mysqli_query().

Selain menambah huruf i di dalam nama fungsi, argumen-argumen yang dibutuhkan juga hampir mirip. Perbedaannya, jika di dalam extension PHP MYSQL kita meletakkan argumen resources di akhir fungsi, maka di dalam MYSQLI, argumen ini diteletakkan di awal.

MYSQL style: Procedural dan Object Oriented
Agar proses migrasi dari MYSQL ke MYSQLI tidak terlalu menyusahkan, PHP memberikan dua alternatif cara penulisan MYSQLI:

1. Cara yang pertama adalah menggunakan procedural style. Cara ini mirip dengan extension MYSQL, di mana kita menggunakan fungsi-fungsi untuk mengakses database MYSQL.

2. Cara kedua adalah dengan object oriented style. Dengan cara ini, kita menggunakan aturan penulisan pemrograman objek untuk berkomunikasi dengan MYSQL.

D. KesimpulanMysql diganti menjadi mysqli dimana penulisan dalam sintaknya tidak begitu berbeda. Dan mysqli digunakan untuk PHP versi 4.1 ke atas.

E. Referensi- http://phphostingindonesia.com/extension-php-perbedaan-mysql-dan-mysqli/

Sekian yang dapat saya posting mengenai perbedaan mysql dan mysqli. Terimakasih semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum wr. wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar