Kamis, 09 Februari 2017

Membuat Koneksi Ke Database


assalamualaikum wr. wb.
Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang cara membuat koneksi ke database.



I. Latar Belakang
Dalam membuat suatu program atau aplikasi, kita pasti memerlukan database. Namun kita tidak bisa langsung menampilkan database tersebut ke web browser kita. Kita memerlukan koneksi untuk terkoneksi ke database kita.

II. Maksud dan Tujuan
Agar lebih mengerti bagaimana cara agar terkoneksi ke database.

III. Pembahasan
Agar dapat mengubah data pada database kita memerlukan koneksi ke databasenya. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Siapkan databasenya dalam phpMyAdmin, saya memakai database db_siswa yang telah saya buat sebelumnya.

2. Kemudian di folder root /var/www/html saya membuat file dengan nama koneksi.php untuk mengkoneksikan ke databasenya.

3. Buka file koneksi.php dengan text editor, kemudian tuliskan script berikut agar terkoneksi ke database,
<?php
$servername = "localhost";
$username = "root";
$password = "password";
$dbname = "nama_database";

$conn = mysqli_connect($servername, $username, $password, $dbname);
if ($conn) {
    echo "Koneksi Berhasil!";
}elseif (! $conn) {
    die("Connection failed: ".mysqli_connect_error());
}
?>

Isikan password dan nama database sesuai isinya.

4. Setelah kita buat koneksi, sekarang kita cek apakah koneksi yang kita buat itu berhasil atau tidak. Caranya tulis localhost/ nama file kita berada di web browser, misal saya membuatnya adalah seperti ini, localhost/latihan/koneksi.php jika berhasil, maka di web browser akan tampil tulisan "Koneksi Berhasil!".

5. Kita telah berhasil membuat koneksi ke database. Selesai.

IV. Kesimpulan
Untuk bisa terkoneksi ke database kita perlu menuliskan nama database server kita, username, password, dan nama database kita.

V. Referensi
-

Sekian yang dapat saya bagikan kali ini, terimakasih semoga bermanfaat.
wassalamualaikum wr. wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar