Senin, 06 Februari 2017

Pengenalan CRUD

Assalamualaikum wr.wb
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang CRUD,

1.Latar Belakang
Mempelajari dan mengetahui CRUD merupakan hal yang mendasar untuk membuat suatu program.

2.Maksud Dan Tujuan
Agar lebih mengetahui tentang CRUD dan cara penggunaannya dengan benar.

3.Alat Dan Bahan
- Materi CRUD

4.Pembahasan
  • Pengertian
Dalam pemrograman komputer , create, read, update dan delete (sebagai akronim CRUD) adalah empat fungsi dasar dari penyimpanan persisten. Kata Alternatif kadang-kadang digunakan ketika mendefinisikan empat fungsi dasar CRUD, mengambil alih-alih membaca (read), memodifikasi bukan pembaruan (update), atau menghancurkan bukan delete. CRUD juga kadang-kadang digunakan untuk menggambarkan antarmuka pengguna konvensi yang memfasilitasi melihat, mencari, dan mengubah informasi, sering menggunakan komputer berbasis bentuk dan laporan. Istilah ini mungkin pertama kali dipopulerkan oleh James Martin dalam bukunya 1983 Mengelola data-base Lingkungan. Singkatan tersebut dapat diperpanjang untuk CRUDL untuk menutupi daftar set data yang besar yang membawa kompleksitas tambahan seperti pagination ketika set data terlalu besar untuk menampung mudah dalam memori.

Jika diartikan perkata, CRUD yaitu Create Read Update Delete :
  • C (Create) : yang berarti membuat sebuah data baru, contoh kita sedang melakukan registrasi disebuah web itu sudah merupakan Create dari CRUD karena kita membuat dan menyimpan data registrasi ke database.
  • R (Read) : Membaca atau menampilkan suatu data yang tadinya berada didatabase MySQL misalnya, kemudian ditampilkan di WEB menggunakan bahasa pemrograman PHP.
  • U (Update) : nah untuk yang satu ini prosesnya adalah mengedit sebuah data dari database yang kemudian di edit menggunakan bahasa pemrograman PHP berupa WEB.
  • D (Delete) : Pastinya Anda tahu fungsinya apa bukan? Fungsinya hampir sama dengan Update akan tetapi proses ini adalah untuk melakukan penghapusan data di database melalui bahasa PHP. Contoh pada sebuah blog terkadang ada komentar, kemudian kita hapus komentar tersebut, nah itu sudah termasuk proses delete dalam CRUD.

Sintaks dasar CRUD yaitu :
1. Create
INSERT INTO

2. Read
SELECT FROM namatabel

3. Update
UPDATE FROM namatabel WHERE data

4. Delete
DELETE FROM namatabel WHERE data


5.Kesimpulan
Kita diharuskan mengerti tentang CRUD karena CRUD sangatlah diperlukan dalam pembuatan suatu program.

6. Referensi
- https://en.wikipedia.org/wiki/Create,_read,_update_and_delete
- http://www.belajarweb.ga/2015/11/pengertian-crud-di-php-dan-mysql.html

Sekian yang dapat saya postingkan, terimakasih semoga bermanfaat
wassalamualaikum wr. wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar