Rabu, 21 Desember 2016

Perintah Dasar Linux

assalamualaikum wr. wb.


Postingan saya kali ini adalah tentang beberapa contoh perintah dasar di Linux,
Linux merupakan sistem operasi Open source yang sudah banyak digunakan  dikalangan masyarakat terutama dunia pendidikan selain karena gratis, Linux juga tergolong SO yang aman. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit bahasan tentang perintah-perintah dasar pada Linux, semoga bisa bermanfaat bagi anda.

Latar Belakang
Linux adalah salah satu sistem operasi varian Unix yang merupakan salah satu saingan terberat Microsoft Windows. Linux merupakan sistem operasi yang open source dibawah lisensi GNU (Gnu is Not Unix), Generap Public License (GPL) sehingga gratis dan kita bisa memperoleh source codenya. Linux kuat karena didukung oleh komunitasnya yang sangat banyak. Namun karena Linux bersifat open source tadi maka Linux pun mudah dikembangkan oleh siapa saja. Bahkan sekarang sudah banyak distribusi Linux (atau disebut distro) yang berada dalam sebuah CD. Distro tersebut disebut Distro Linux Live CD. Hanya dengan sebuah CD saja maka komputer kita dapat digunakan seperti layaknya sistem operasi yang diinstall di harddisk. Bahkan ada beberapa distro Linux yang dibuat di flashdisk.

 
Alat dan Bahan

Laptop
Koneksi Internet

Tujuan
Tujuan ditulisnya artikel ini adalah tentunya untuk mempelajari bagaimana cara atau langkah penggunaan dan implementasi dari Linux  tersebut, serta memahami fungsi penggunaan perintah – perintah dasar pada linux tersebut.

Pembahasan


Pengertian Perintah Dasar Linux
Seperti pada KBBI Perintah adalah perkataan /suatu hal yang bermaksud menyuruh melakukan sesuatu. Dasar Adalah pokok atau pangkal suatu pendapat. Jadi dapat kita simpulkan bahwa Perintah Dasar adalah Perintah pokok atau utama yang digunakan untuk mengoperasikan, karena ini terjadi pada Linux maka bisa dikatakan sebagai perintah dasar yang digunakan pada Linux dan dapat dioperasikan pada jendela terminal.

Berikut beberapa macam Perintah dasar di Linux :

1. &
Perintah & digunakan untuk menjalankan perintah belakang, contoh :
wget https://vika-skansa.blogspot.co.id/ &
Perintah & dipakai di belakang perintah lain untuk menjalankannya di background. Jalan di background maksudnya adalah kita membiarkan sistem untuk menjalankan perintah sendiri tanpa partisipasi kita dan membebaskan shell/command prompt agar bisa dipergunakan menjalankan perintah yang lain.


2. apt-cache

Untuk mencari aplikasi yang telah di download oleh apt-get, contoh :
$ apt-cache search apache2


3. apt-get
Untuk menginstall atau uninstall aplikasi di linux yang mengunakan debian dan turunanya. Penulisannya,
untuk menginstall apache2 dengan cara :
$ apt-get install apache2
untuk mengupdate atau memperbarui aplikasi yang sudah terinstall di linux.
$ apt-get update
untuk mengupgrade aplikasi yang sudah terinstall di linux .

$ apt-get upgrade


4. cat
Menampilkan isi dari sebuah file di layar, contoh :
$ cat /nama/suatu/file


5. cp
Untuk menyalin atau meng copy suatu file, misal menyalin file 1 menjadi file 2 :
$ cp <file1> <file2>


6. find
Untuk menemukan dimana letak sebuah file. Perintah ini akan mencari file sesuai dengan kriteria yang anda temukan, sintaksnya adalah itu sendiri diikuti dengan nama direktori awal pencarian , hasil pencarian itu akan ditampilakan , misalnya akan dicari semua file yang berakhiran .doc di current direktori serta tampilan hasilnya di layar :
$ find . -name *.doc -print


7. gzip
Ini adalah software kompresi zip versi GNU, fungsinya untuk mengkompresi sebuah file. Sintaksnya sangat sederhana:
$ gzip <namafile>
Walaupun demikian Anda bisa memberikan parameter tertentu bila memerlukan kompresi file yang lebih baik, silakan melihat manual page-nya.


8. login
Untuk masuk ke sistem dengan memasukkan login ID atau dapat juga digunakan untuk berpindah dari user satu ke user lainnya.


9. ls
Menampilkan isi dari sebuah direktori seperti perintah dir di DOS. Anda dapat menggunakan beberapa option yang disediakan untuk mengatur tampilannya di layar. Bila Anda menjalankan perintah ini tanpa option maka akan ditampilkan seluruh file nonhidden(file tanpa awalan tanda titik) secara alfabet dan secara melebar mengisi kolom layar. Option -la artinya menampilkan seluruh file/all termasuk file hidden(file dengan awalan tanda titik) dengan format panjang. cxzcxz


10. mkdir
Membuat direktori baru, sama dengan perintah md di DOS. a
Contoh : mkdir <nama folder> kemudian enter
$mkdir datasaya


11. mv

Untuk memindahkan file dari satu lokasi ke lokasi yang lain. Bila argumen yang kedua berupa sebuah direktori maka mv akan memindahkan file ke direktori tersebut. Bila kedua argumen berupa file maka nama file pertama akan menimpa file kedua. Akan terjadi kesalahan bila Anda memasukkan lebih dari dua argumen kecuali argumen terakhir berupa sebuah direktori.


12. passwd
Digunakan untuk mengganti password. Anda akan selalu diminta mengisikan password lama dan selanjutnya akan diminta mengisikan password baru sebanyak dua kali. Password sedikitnya terdiri dari enam karakter dan sedikitnya mengandung sebuah karakter.


13. pwd
Print working directory, atau untuk menampilkan nama direktori dimana Anda saat itu sedang berada.
$ pwd

Contoh Hasil:
/home/user


14. rm
rm atau remove digunakan untuk menghapus file. untuk Secara default, tidak menghapus direktori.
Contoh Pengunaan:
$ rm [opsi] <file>


15. rmdirrmdir atau remove directory(ies) digunakan menghapus direktori, apabila kosong. Contoh Pengunaan:
$ rmdir <direktori>


16. shutdownPerintah ini untuk mematikan sistem, seperti perintah halt. Pada beberapa sistem anda bisa menghentikan komputer dengan perintah shutdown -h now dan merestart sistem dengan perintah shutdown -r now atau dengan kombinasi tombol Ctr-Alt-Del.


17. suUntuk login sementara sebagai user lain. Bila user ID tidak disertakan maka komputer menganggap Anda ingin login sementara sebagai super user atau root. Bila Anda bukan root dan user lain itu memiliki password maka Anda harus memasukkan passwordnya dengan benar. Tapi bila Anda adalah root maka Anda dapat login sebagai user lain tanpa perlu mengetahui password user tersebut.


18. unzipDigunakan untuk mengekstrak atau menguraikan file yang dikompres dengan zip. Sintaknya sederhana dan akan mengekstrak file yang anda tentukan:
$ unzip <namafile>


19. whoUntuk menampilkan siapa saja yang sedang login dan aktif / sedang menjalankan program . Perintah ini akan menampilkan informasi mengenai login name, jenis terminal, waktu login dan remote hostname untuk setiap user yang saat itu sedang login. Misalnya:
$ who


20. zipPerintah ini akan membuat dan menambahkan file ke dalam file arsip zip. Lihat juga perintah gzip dan unzip.


Kesimpulan

Kesimpulan dari beberapa contoh tahap pelaksanaan yang ada pada halaman ini menjelaskan bahwa Perintah-perintah dasar pada Linux merupakan hal yang sangat penting untuk kita dapat mengoperasikan Linux.

Sekian yang dapat saya posting kali ini mengenai perintah dasar Linux. Terimakasih.
wassalamualikum wr. wb.

Referensi :
- http://desirahmwati.blogspot.co.id/2015/01/makalah-perintah-dasar-pada-linux.html
- https://bimablctelkom.blogspot.co.id/
- http://risanurhaeni03skansa.blogspot.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar